Hot!

Cara Menciptakan Rumah Tetap Sejuk Tanpa AC


Indonesia seperti yang kita ketahui memiliki dua musim yaitu musim panas dan musim penghujan, walaupun terkadang di saat musim penghujan pun kita khususnya yang tinggal di perkotaan masih sering merasa gerah. Sebagai cara untuk menyiasatinya, kita yang tinggal di kota biasanya akan memasang AC di dalam rumah, mencegah hawa panas yang terlalu berlebihan. Namun ada juga yang hanya memakai kipas angin karena pemakaian AC dirasa sangat pemborosan.

Bila Anda ingin rumah tetap terasa sejuk tanpa penggunaan AC, Anda bisa mengikuti beberapa langkah di bawah ini.


Gunakan tirai pada jendela

Perhatikan letak jendela-jendela rumah, pastikan Anda menutup rapat jendela-jendela pada siang hari untuk menjaga kelembaban suhu di dalam rumah dan membukanya di malam hari untuk ventilasi alami. Jika jendela Anda terpapar langsung sinar matahari maka Anda bisa mengakalinya dengan memasangkan tirai-tirai dengan nuansa bambu yang akan membuat suasana menjadi lebih sejuk.


Membuka jendela di malam hari

Pada musim panas biasanya suhu pada malam hari menjadi lebih rendah dibandingkan hari-hari biasa. Jika merasa panas, Anda bisa membuka jendela sebelum tidur supaya udara dingin dari luar bisa masuk ke dalam rumah dan kamar Anda. Tapi pastikan jendela sudah dipasangi teralis supaya tetap aman atau jangan lupa untuk menutup kembali jendela sebelum Anda benar-benar terlelap.


Memakai trik kipas angin

Jika udara sedang sangat panas, maka memutar kipas angin biasa saja tidak akan membantu. Justru kipas angin tersebut akan memutar kembali udara panas di sekelilingnya. Anda bisa mencoba trik kipas angin berikut ini, yaitu meletakkan semangkok es di depan kipas angin. Cara ini akan membuat udara sekitar sedikit lebih dingin tanpa perlu menggunakan AC.


Fokus pada suhu dalam tubuh, bukan suhu rumah

Jika orang-orang terdahulu bisa bertahan di musim panas tanpa AC mengapa Anda tidak? Dibanding terus-terusan berusaha membuat rumah supaya terasa lebih dingin mengapa tidak mencoba untuk menjaga suhu tubuh Anda agar tetap dingin?

Caranya mudah, Anda bisa membuat segelas minuman yang segar dan dingin atau menempelkan air yang sudah direndam ke dalam mangkok berisi es batu ke bagian-bagian tubuh seperti leher atau pergelangan tangan. Gunakan juga pakaian-pakain yang tipis dan menyerap keringat supaya suhu tubuh Anda tetap dalam kondisi yang nyaman.


Hindari penggunaan lampu pijar

Hindari penggunaan lampu pijar. Cahaya yang dihasilkan lampu pijar 90 persennya berasal dari energi panas yang mereka pancarkan, tentu saja dengan menyalakan lampu jenis ini akan membuat suhu dalam rumah menjadi lebih panas.


Matikan peralatan elektronik yang tidak digunakan

Matikan komputer, lampu, televisi, dan peralatan elektronik lainnya yang sedang tidak digunakan. Peralatan elektronik yang sedang aktif juga mengeluarkan suhu panas. Oleh sebab itu supaya rumah Anda tetap dingin, Anda harus meminimalkan penggunaan peralatan-peralatan elektronik.


Cat rumah dengan warna yang teduh

Mengecat rumah menggunakan warna-warna yang teduh seperti hijau daun juga sangat membantu untuk memberikan efek lebih dingin di dalam rumah. Hindari penggunaan cat berwarna ngejreng pada musim kemarau/panas.




[rooang.com]